Wednesday, May 1, 2013

Tips: Cara membuat pannier dari tas gendong (backpack)

1. Siapkan satu atau dua buah backpack yg ukuran bidang belakangnya minimal sebesar papan yang sering digunakan oleh anak sekolah untuk ujian. Lepas ikatan gantungan pundak bagian bawah, dan satukan kedua ujungnya dengan terlebih dulu mengukur sesuai kebutuhan lalu jahit menyatu, gunanya untuk membawa tas di salah satu pundak saya atau diselempang.
2. Siapkan sebuah papan yg saya sebut pada nomer satu, yang terbuat dari kayu tipis atau plastik tebal yang tidak mudah pecah, atau telenan untuk memotong makanan di dapur yang tidak terlalu tebal.
3. Pastikan ada kantung dibagian dalam belakang backpack yg biasanya untuk tempat laptop atau kantung air.
4. Siapkan dua buah hook, yang terbuat dari stainless. Biasanya digunakan untuk gantungan baju atau untuk menggantung whiteboard, dan jika gantungan untuk whiteboard, tinggal dilengkungkan menjadi cantelan. Jgn lupa dua-set baut lengkap dgn dua buah ring tiap set.
5. Masukan papan alas menulis atau telenan tipis yg sudah dilubangi kedalam kantung bagian belakang dalam tas.
6. Pasang hook gantungan baju atau cantelan whiteboard yang sudah dimodifikasi dibelakang luar tas dan pasangkan baut untuk mengikat hook-papan-dan tas.
7. Untuk menguatkan dudukan tas bagian bawah ketika dipasang pada rak sepeda, bisa gunakan tali karet atau tali dengan kancing pengencang untuk dipasangkan pada rak sepeda bagian bawah.
8. Disarankan tas yang memiliki raincoat bawaan atau yang sudah tahan cuaca dan yang harganya lebih murah daripada pannier aslinya. Kelebihannya, biasanya backpack sudah dilengkapi dua tempat minum di kanan dan kiri, dan banyak kompartemen untuk menempatkan barang-barang secara terpisah-pisah.
 











 

No comments:

Post a Comment