Wednesday, July 17, 2013

Saya dan sepeda Federal

Sudah bertahun-tahun saya mondar-mandir ke Bali, pulau asal Bapak saya. Walau akhir-akhir ini karena penyebab pekerjaan. Tiap kali kesana, tiap kali mampir kerumah adik Bapak, Om saya. Sedikit kesamaan kita sama-sama suka sepeda, tapi bedanya saya suka sepeda baru, hi-tech dan ringan, beliau suka sepeda lama. Bahkan saya belum sadar kalau kedua sepedanya adalah jenis Federal MTB dan roadbike.

Hanya sekedar melihat dan bicara ngalor ngidul soal sepeda dan hal-hal yang terkait, kembali waktu memisahkan kami, dan saya kembali ke kehidupan saya dengan pekerjaan dan sepeda-sepeda saya di Jakarta.

Hari berganti, bersepeda adalah sesuatu yang selalu menjadi perhatian dalam hidup saya, seakan jika mungkin saya bersepeda kapanpun dan kemanapun. Sampai suatu ketika ketika sedang bike to work, saya melihat beberapa dengan sepeda seperti milik Om saya. Sempat under-estimate dengan sepeda-sepeda tersebut. Apa enaknya dengan sepeda berat? Apa asiknya dengan komponen lama seperti itu?

Kembali kerutinitas, waktu berjalan dan kaki selalu minta lebih dan lebih. Gear yang semakin berat, jarak yang semakin jauh, sementara bobot badan mulai berkurang, walau cuma 2kg. Terbayang sebuah sepeda besi yang sudah lama tidak saya sentuh yang mungkin saat ini ada di gudang. Hanya sepeda murah merek salah satu produsen yang saat ini masih produksi. Sebuah sepeda sederhana dengan komponen seadanya dan bobot yang luar biasa!

Setelah poles sana dan sini, hari-hari pun saya lalui dengan bepergian bersama sepeda tersebut. Luar biasa! Diluar dugaan, sebuah pengalaman berharga saya dapat! Sepeda berat itu membuat saya menyadari bahwa bukan kemampuan meringankan putaran kaki dan mengurangi berat sepeda yang saya butuhkan! Tapi memperkuat otot kaki, paru dan jantung, serta berkurangnya lemak dan bertambahnya massa otot yang saya butuhkan!!!

Tapi sayang sepeda tersebut terlalu kecil buat saya, ukurannya hanya 16", sementara saya harus menggunakan ukuran setidaknya 17,5-18". Putar otak untuk mendapatkan sepeda besar tanpa harus merogoh kantong terlalu dalam. Sampai suatu hari saya harus tugas kembali ke Bali.

Saya langsung mengutarakan niat bahwa saya harus mendapat sebuah sepeda besi milik Om saya, dari dua sepeda yang dimilikinya. Saya mulai bertanya sepeda apa itu? Dan dia bilang 'sepeda Federal MTB dan roadbike'.

Dengan barter dengan sebuah sepeda baru (dari toko), sepeda Federal MTB, jenis StreetCAT, pun saya miliki. Membangunnya adalah hal yang baru buat saya, maka seorang teman membantu membangunnya.

Saat ini saya bahkan memiliki 2 MTB Federal, StreetCAT dan MuddyCAT, dan 1 MTB Kuwahara, M4.5 Savage, yang juga diproduksi oleh Federal Cycle dibawah lisensi Kuwahara Jepang. Mereka sepeda-sepeda lama yang 'berat'. Tapi ketangguhan mereka adalah sesuatu yang tidak akan lekang oleh waktu, setidaknya tidak sekarang-sekarang ini. Mereka memberi kenyamanan extra dalam perjalanan, walau mereka juga penguras tenaga nomer wahid.

Dengan kombinasi permainan dan jenis sepeda, semua otot 'dipaksa' berkembang. Terima kasih untuk 'kalian' semua, my seven buddies...

No comments:

Post a Comment