Wednesday, July 10, 2013

Bikes' Album

Federal MuddyCAT-ML 53SS tahun 95/96. Sepeda ini ditemukan secara tidak sengaja dan merupakan keberuntungan menemuinya. Sebelum ditemukan sepeda ini berada di gudang sebuah rumah selama 17-18tahun. Saat ditemukan kondisinya penuh debu, sarang laba2 dan kepompong serangga. Saat pembangunan kembali beberapa komponen sudah terlalu berkarat dan harus dilakukan penggantian. Untungnya sebuah bengkel memiliki semua komponen yang dibutuhkan, bukan original, tetapi setidaknya mirip dengan originalnya. Kelebihan sepeda ini telah kembali ke bentuk awalnya, dan kelebihan lain, pemasangan stem suspensi dan sadel per, membuat rider lebih nyaman.




Missile X-Nine. Sepeda untuk nanjak, karena memang komponen dipilih yang ringan dan kuat. Bahkan setting geometri untuk posisi jalan menanjak. Kelebihan sepeda ini adalah telah dilakukannya penggantian bearing dengan tipe yang mendukung nanjak. Memang tidak terlihat, karena selayaknya bearing posisinya berada didalam komponen di sektor gerak.




Polygon Tensor 29er. Sebuah sepeda 29er pertama dari pabrikan dalam negeri yang menjadi prototype lahirnya Cosmic 29er. Geometri yang memiliki CoG (center of gravity), menyebabkan sepeda ini asik buat XC dan nanjak.




UCC Transformer 2.0. Sebuah sepeda lipat dgn ban 20". Sepeda ini akan mengisi kekosongan kebutuhan sepeda untuk travelling dengan angkutan umum, seperti; travel, KA, atau pesawat. Komponen dan beratnya menjadikan seli ini enak buat nanjak.




Polygon Heist Single-Speed (aslinya Heist 2.0 2013). Sepeda yang awalnya adalah jenis urban hybrid. Bahkan awalnya sepeda ini digunakan dengan pemasangan fender, rak, dan aksesoris2 pendukung B2W/touring. Tapi setelah mendapat penggantinya, Heist-pun berubah menjadi single-speed.Frame MTB dgn ban 700c membuat penggunaan ban offroad pun dari jenis cyclocross. Sementara single-speed dgn menggunakan perbandingan gear F32T-R18T.




Kuwahara M4.5 Savage. Sebuah sepeda yang dari sananya kental dengan dunia touring. Framenya yg berbahan chromoly dan toptube yang horizontal, membuatnya dijadikan sebagai sepeda touring. Mendapat lungsuran dari si Heist, M4.5 tidak membutuhkan banyak komponen baru. Upgrade hanya disektor bergerak spt hub dan cassette.




Federal StreetCAT. Sepeda yang awalnya berada di Pulau Bali. Dgn barter, frame+fork pun dikirim ke Jakarta. Tapi sayang ternyata frame sudah mengalami modifikasi untuk mendapat bentuk yang lebih fleksibel untuk berbagai tinggi badan. Awalnya sepeda ini dibangun untuk sepeda touring. Tp pada perjalanan touring, banyak kelemahan yang ditunjukkan oleh sepeda ini. Sehingga sepeda ini akhirnya saya jadikan sepeda B2W.




9 comments:

  1. Mas,
    kelemahan frame Federal StreetCAT buat touring apa saja yah?
    soalnya saya baru mau bangun sepeda touring dengan frame Federal StreetCAT
    terima kasih infonya,
    salam

    ReplyDelete
  2. hehehe salam gwes... kelemahanya cm bobot karena bahanya bukan cromolly dan tidak disediakanya gantungan Rd, tp itu bs di-akali.."*" yang penting kakinya kuat (kaki shimano) terlatih, berlatih, selamat merakit sepeda Fedealnya om Agus Sp just do it

    ReplyDelete
  3. that mean Federal Street Cat ....

    ReplyDelete
  4. Salam kenal.... Om kalo sepeda federal jenis amazone apa cocok utk touring? Kebetulan sy jg mau rakit utk touring...

    ReplyDelete
  5. Mantap koleksi sepedanya bang Bay

    ReplyDelete
  6. Maaf mau nanya, Itu kuwahara pakai ban ukuran berapa ya?
    Juga untuk street catnya itu pakai ban ukuran berapa? apakah bisa federal street cat 550 pakai ban 700c?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. om sepeda saya united detroit 2, kalau modifikasi jadi sepeda touring bisa gak yah?

    ReplyDelete
  8. keren om ... heist single speednya aku naksirrr abizzz ... oh ya om aku punya frame cozmic tx 1 bisa ga om di bikin kaya punya om yang single speed .. thank om ...

    ReplyDelete
  9. Sepeda federal lady enak ga sih di pake touring ?
    Soalnya jarang yang touring pakenfedy lady
    Kelebihan Dan kelemahan nya apa ?

    ReplyDelete